#SQL Server Analysis Services (SSAS) 2008

SQL Server Analysis Services 2008 (selanjutnya hanya akan ditulis SSAS saja) adalah salah satu komponen dari paket produk Microsoft SQL Server 2008.

Dalam transaksi bisnis perusahaan terdapat 2(dua) jenis data : pertama adalah data yang digunakan untuk menyimpan detail transaksi sehari – hari dan kedua adalah data historical (Baca: Data Warehouse, OLAP – OnLine Analytical Processing). Data historical ini bersumber dari data transaksi harian (OLTP – OnLine Transactional Processing). Data OLTP khusus dioptimalkan untuk keperluan proses input, update dan delete, sedangkan data OLAP didesain untuk ditampilkan dengan cepat menggunakan optimalisasi query engine.

Key Point : Data OLAP hanya dapat di view saja,  tidak untuk proses input, update atau delete.

Membahas SSAS berarti kita membicarakan Business Intellegence (BI). SSAS merupakan salah satu elemen BI selain SSIS (SQL Server Integration Services) dan SSRS (SQL Server Reporting Services). BI diawali dengan proses pengumpulan data (ETL, Extract – Transform – Load) kemudian menyajikannya sebagai bahan analisa baik dalam bentuk grafik, pivot table atau drill down report.

Dalam arti yang sederhana, “SSAS digunakan untuk analisa data OLAP, membantu management perusahaan dalam mengambil kebijakan bisnis baik bersifat strategis maupun taktis”.

SSAS memisahkan database secara fisikal, maksudnya data OLAP ini dibuat terpisah dengan database untuk transaksi sehari -hari. Developer software dapat mendeploy SSAS database ini ke Server lain agar tidak mengganggu perfomance Production Server.

Dengan OLAP kita akan mudah & cepat mendapatkan data yang dibutuhkan, merangkum dan menganalisanya. Data dapat dilihat dari berbagai perspektif atau istilahnya Dimensi. Management atau divisi terkait dapat melihat hasil penjualan atas sebuah produk dari masing – masing cabang, produk apa saja yang mencapai target penjualan, beserta quantity-nya, dari data tersebut management dapat melihat trend pasar & mengambil langkah – langkah untuk meningkatkan penjualan.

Karena saya suka makan roti :P, berikut ini adalah contoh data penjualan roti tahun 2012 berdasarkan kota :

OLAP merupakan data Multidimensi dalam bentuk Cube dan tidak dibuat untuk menyimpan data BLOB (Binary Large Object) atau teks yang besar. Dari contoh data penjualan tersebut kita dapat merubah Dimensi misalnya berdasarkan periode waktu (tahun, bulan).

Business Intelligence Development Studio (BIDS) adalah salah satu tool yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan OLAP, konsepnya sama seperti Visual Studio (terdiri dari Project, Solution, Source File).

Dalam tulisan ini saya telah membahas sedikit berkaitan SSAS dan hal terkait, tulisan berikutnya kita akan belajar membuat Cube sebagai implementasi OLAP SSAS, ditunggu yaah …

—Selesai—

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s